Saturday, May 5, 2012

Inside Google Plus One (Google +1)

Dunia digital saat ini sudah semakin dipermudah berkat adanya search engine paling canggih saat ini. Yup... google.com. Salah satu fitur menarik namun sering dianggap sepele bagi kebanyakan user (terutama di Indonesia) adalah fitur google +1 .

Apakah fitur google +1 ? Secara garis besar, fitur ini mirip dengan like yang ada di facebook. Fungsi dan Manfaat Google Plus One ini biasanya digunakan disebuah Post/Artikel di internet, umumnya ditemukan di Akun Blog Website dan di Google Plus, bila anda klik Google Plus One ini berarti anda menyukai status/post orang tersebut otomatis anda membantu untuk merekomendasikan blog/post tersebut kepada teman-teman sosialnya (teman dalam lingkaran) atau di google profil nya, ini contoh pada google profil.

Google system sendiri menyebutkan bahwa Google Plus merupakan :
"+1 is the digital shorthand for 'this is pretty cool.' To recommend something, all you have to do is click +1 on a webpage or ad you find useful. These +1's will then start appearing in Google's search results"
Maksudnya kurang lebih :
Dengan +1 ini berarti anda telah merekomendasikan web tersebut ke yang lain, dan akan ditampilakn di pencarian google.
Nah, berarti Fungsi Google Plus One (+1) ini diantaranya adalah (Opini Pribadi):

Klik +1 berarti menyukai web seseorang, memberikan rekomendasi web/artikel tersebut ke pada orang lain dalam satu jaringan, merekomendasikan/membantu Web/Artikel tersebut tampil ke Search Engine, contohnya Google.

Silakan lihat video berikut ini: (Courtesy Youtube)



Dengan adanya fitur google +1, google mencoba untuk meng-indeks konten pada hasil pencarian  bukan lagi berdasarkan banyaknya atau key word/kata-kata yang ada pada artikel/ konten, tapi berdasarkan manfaat konten (inbound) tersebut sehingga pembaca ataupun pengunjung suatu web dengan sukarela untuk merekomendasikan isi artikel tersebut ke mesin pencarian google sehingga akan lebih mudah terindeks (bahkan dapat muncul pada halaman pertama hasil pencarian google). 

 Dari segi bisnis, fitur +1 membantu mempositioning-kan brand di internet sehingga mempermudah brand tersebut menjadi viral marketing. Tentu ada tantangan tersendiri untuk mengajak pengunjung suatu situs bisnis untuk meng-klik +1.   

 Nah, dengan adanya fitur ini akan lebih baik jika Anda memiliki akun GMAIL sebagai langkah pertama untuk merekomendasikan konten terbaik ke seluruh pengguna internet di seluruh dunia yang menggunakan fasilitas search engine google.com. Yuk sambil baca konten, sekalian di klik +1 -nya ya :)

Yup, sepertinya google sudah hijrah dari key word oriented, menjadi content oriented.  


Ngobrol dengan saya yuk di sini ^^




No comments:

Post a Comment

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips