Monday, May 14, 2012

5 Tips Mempertahankan Semangat Kerja


Monday morning sickness.

Yup, gejala ini selalu dihadapi oleh para pekerja/ karyawan di awal senin yang ceria ini. "Yaaa, senin lagi, senin lagi. Kerja lagi, kerja lagi." Kira-kira begitulah keluhan kebanyakan orang. 

Nah, di pagi ini saya membagikan kepada pembaca blog saya tentang mempertahankan semangat kerja. 

1.     Beberapa menit yang berguna. Meskipun pekerjaan tengah menumpuk dan harus cepat diselesaikan, tidak ada salahnya untuk beristirahat selama sekitar lima menit saja. Karena meski hanya seperberapa persennya saja dari 8-9 jam kerja, toh waktu istirahat sejenak dapat memompa kembali semangat Anda untuk kembali berkarir.

2.     Ngobrol dengan teman sepekerjaan? Kenapa tidak. Pasalnya, dengan berbicara dengan orang lain sejenak maka otak dan mood bisa terus siap siaga! Demikian kata para pakar. Pun, berbicara terbukti ampuh melenyapkan rasa kantuk, karena kita melakukan aktifitas yang melibatkan interaksi dari orang lain (dalam hal ini lawan bicara).Jadi, asalkan tidak sampai lupa lowongan pekerjaan kenapa tidak menjalani aktifitas sederhana yang satu ini?

3.     Ngemil? Boleh saja asal sehat. Bukan apa-apa, yang namanya iseng seringkali menyergap kita. Terlebih jika terus-menerus menghadapi pekerjaan yang seabreg jumlahnya. Oleh karena itu wajar saja kalau mulut ini ‘menuntut’ untuk ‘beraktifitas’ pula. Dan itu boleh saja dilakukan (asal camilannya yang sehat, seperti buah misalnya). Masih urusan makanan, ada baiknya ketika makan siang jangan mengkonsumsi makanan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Perut yang terlalu kenyang sangat potensial untuk membuat kita mengantuk dan hilang konsentrasi. Sementara makan terlalu sedikitpun bisa membuat perut ini tidak merasa nyaman dan akhirnya apalagi kalau bukan membuat kita hilang konsentrasi.

4.     Jangan lupa bergerak. Cara ini bermanfaat untuk mengembalikan mood yang menguap. Karenanya begitu ada waktu untuk bergerak seperti; menggelengkan kepala, menggerakan tangan atau berjalan dari meja satu ke meja lainnya, ya lakukan saja. Pun kalau mau lebih efektif lagi, pilihlah tempat makan yang agak jauh dari kantor saat makan siang tapi masih bisa dicapai dengan jalan kaki. Hmm…dijamin setelah makan siang dan sedikit bergerak semangat mengerjakan job Anda pun timbul kembali.

5.     Bagi yang terbiasa minum kopi, silahkan. Kenapa? Karena unsur kafein yang ada di dalamnya, dapat membuat mata ini tetap terbuka tak terganggu oleh rasa kantuk. Cuma masalahnya, tidak sedikit yang mengalami sakit perut atau buang air kecil sesudahnya. Makanya, cara ini hanya disarankan untuk mereka yang memang sudah terbiasa minum kopi dan cukup 2 cangkir kopi perhari.





Keep on spirit… :)



3 comments:

  1. terima kasih atas sharenya, sangat bermanfaat bagi saya salam kenal gan.

    ReplyDelete
  2. Sipp..saran yang terakhir..gue banget

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik setelah membaca tips berjualan plastik,memang toko plastik sangat menjanjikan selain barangnya awet juga semua kalanganmembutuhkannya. Dan saya ada tempat ukuran 3x3 kalau di isi lengkap butuh biaya berapa yah..?

    ReplyDelete

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips