Sunday, November 6, 2011

5 Tips Berbisnis di Social Media (Online) Bersama Majalah Sekar -Refleksi Penulis Sebagai Peserta Workshop- (@Kompas Gramedia Fair Medan 5 November 2011)

Dipresentasikan oleh: Nukman Luthfie (sebagian materi disadur oleh penulis)
Follow Nukman Luthfie

Pada era digital saat ini membuka peluang seluas-luasnya bagi pelaku bisnis untuk menunjukkan eksistensi usahanya kepada khalayak ramai, tentu ujung-ujungnya yang dapat dijadikan konsumen dari produk yang dipasarkan.

Trend saat ini menunjukkan perubahan fenomena dari bentuk pemasaran konvensional ke model pemasaran via social media (online), baik melalui Facebook, Twitter, Blog dan lain-lain. Hal ini tentu membentuk satu segmentasi pasar yang baru dan dikenal dengan istilah Social Technography. Trend ini dapat dijadikan senjata pemasaran yang teramat ampuh untuk mencapai target konsumen yang diinginkan. Kok bisa ? Ya, karena salah satu keunggulan social media adalah real time & direct communication with your target market, jadi disaat ada pelanggan Anda yang membutuhkan informasi lebih tentang produk yang ditawarkan, keluhan maupun konsultasi, Anda dapat berinteraksi langsung kepada konsumen secara cepat dan tepat.

Nah, berikut 5 tips penggunaan social media untuk bisnis (cocok untuk segala bidang bisnis) :
1. Create Your Social Media Existence.
Langkah awal adalah membuat akun di beberapa social media. Disarankan untuk memiliki akun di Facebook (facebook.com), Twitter (twitter.com) dan blog (blogspot, wordpress, multiply). Disarankan memisahkan akun untuk bisnis dari akun pribadi. Gunanya untuk menjaga pencitraan akun tersebut agar terbebas dari ambiguitas.

2. Integrate Your Business
Setelah selesai akun dibuat, jadikan akun tersebut sebagai lahan informasi dari produk yang akan Anda tawarkan.

3. Share information needed by reader, not just hard selling
Salah satu kesalahan fatal berbisnis online melalui social media adalah terlalu massive melakukan penawaran (hard selling) kepada user internet yang lain sehingga user yang lain menjadi tidak suka dengan penawaran yang terlalu berlebihan. Jadilah pemberi informasi maupun tips seputar bisnis yang Anda geluti. Misal Anda berbisnis photography maka pada akun facebook maupun twitter Anda tentu mengulas tentang tips cara memfoto ala profesional atau teknik pencahayaan objek yang baik.Artinya pembaca memperoleh manfaat dari tips yang Anda tulis. Dengan sendirinya user tersebut (secara tidak sadar) pasti tertarik untuk melakukan komunikasi lebih lanjut dengan pemilik akun tersebut (tentu tinggal diarahkan menjadi target konsumen Anda)

4. Becoming story telling
Maksudnya apa ya? Begini, dari setiap penulisan tips maunpun informasi yang Anda tulis, jadikan tulisan Anda layaknya Anda sebagai pencerita apa adanya. Tidak perlu adanya konsep penulisan yang terlalu rumit. Yang penting Anda menulis layaknya bercerita secara sederhana dan spontan. Mantap toh?

5. Consistency
Yup, bisnis memerlukan konsistensi waktu untuk menumbukan bisnis yang Anda geluti menjadi semakin dikenal dan bermanfaat bagi target pasar Anda.. Bisnis tanpa konsistensi untuk terus belajar melakukan perbaikan maupun peningkatan kualitas bisnis, mustahil bisnis tersebut akan bertahan lama.

5 tips tadi semoga memberikan manfaat kepada pembaca sekalian. Siapkah Anda menjadi pebisnis di social media (online) dengan target pasar ratusan juta user internet?


Foto Kegiatan Workshop Bisnis Online Bersama Bung Nukman Luthfie


Mbak Citra Hafiz (Bos Es Dawet Cah Mbanjar) mengisi materi Womenpreunership. Follow her Citra Hafiz


No comments:

Post a Comment

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips