Thursday, April 19, 2012

10 Produk Utama Ekspor Indonesia

Bisnis ekspor menurut saya patut dilirik karena potensi profit yang luar biasa besar. Para pelakunya pun bisa merasakan profit hanya dalam sekejab. Saya mengajak pembaca blog untuk melirik 10 potensi yang menjadi komodoti utama barang -barang di Indonesia yang diminati oleh orang luar negeri. Saya copas artikel ini dari sini
. Selamat Membaca


Saat ini ada 10 komoditas ekspor utama Indonesia yaitu

  1. Tekstil dan produk tekstil (TPT),
  2. Elektronik,
  3. Karet dan produk karet,
  4. Sawit dan produk sawit,
  5. Produk hasil hutan,
  6. Alas kaki,
  7. Otomotif,
  8. Udang,
  9. Kakao,
  10. Kopi
Disamping ada 10 produk unggulan diatas, saat ini ada 122 produk inovasi potensi ekspor asal Indonesia itu telah memenuhi empat kriteria yang disebut sebagai produk inovasi. Kriterianya ini yakni merupakan ;

1.Hasil temuan murni,
2.Sumber daya manusia dan bahan harus ada di Indonesia,
3.Punya potensi market dan memiliki nilai tambah.



"Ragam inovasi ini sudah bisa diterima wirausahawan karena telah mencakup penilaian keaslian ide, kemudahan ditiru, penerimaan oleh konsumen, nilai tambah bagi pemakai, potensi pengembangan, scability, risiko investasi serta risiko bisnis," Selain itu Indonesia juga memiliki 212 produk lain inovasi UMKM (unit usaha kecil dan menengah) yang unggul.


Sedikit saya share pengalaman salah satu pelaku eksportir di Medan. Beliau adalah eksportir makanan rengginang




Singkat cerita, si pembuat rengginang ini dulunya adalah nazir mesjid. Pendapatan pas-pasan adalah makanan kesehariannya di saat itu. Berkat tekadnya untuk menjadi pengusaha, ia minta tolong temannya untuk menggantikannya untuk tugas-tugas kenaziran mesjid hanya untuk mencoba usaha pembuatan rengginang. Berkat ketekunan menjalankan usaha pembuatan rengginang, sekarang ia mengekspor rengginang buatannya ke negara Belanda dengan kuantitas 8 kontainer rengginang setiap bulannya :) (padahal menurut teman saya, proses pembuatan rengginang buatan si mantan nazir mesjid ini kurang higienis namun enaknya bukan main begitu mencoba mencicipi rengginang buatannya). Bisa dibayangkan keuntungan yang berhasil diraih hingga ribuan % dari hasil penjualan ekspor rengginang buatannya.

Nah, begitulah potensi profit yang ditawarkan ketika produk Anda tembus ke pasar luar negeri melalui ekspor barang komoditi yang Anda jual. Berani ? Silakan berbagi pengalaman cara mengekspor barang tanpa modal di bagian komentar yuk ! ^^ 


8 comments:

  1. Wah, prospek nih gan buat jadi debitur BNI hahahaha

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ....

    ReplyDelete
  3. Semoga menjadi contoh bagi kita semua ....

    ReplyDelete
  4. Sekedar kasih info gan, kini telah hadir obat herbal yang Insya Alloh menyembuhkan

    ReplyDelete
  5. Gan, aku punya komoditi untuk ekspor, tapi masih bingung untuk cari pengekspor di Indonesia, barangkali agan, saudara atau teman agan bisa menerima barang saya bisa hub. saya di
    Webku

    ReplyDelete
  6. Supaya bisa sukses mengekspor barang apa tips nya bang?

    ReplyDelete
  7. saya produsen ampyang /rengginang mungkin ada saudara2 yang bisa bantu utk pemasarannya khusus nya ekport...
    ini no hp/wa saya..

    082232682818

    ReplyDelete

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips