Posted by : King Hairunsyah Sunday, February 5, 2012



Entrepreneurship menjadi "wabah penyakit" yang tak bisa dibendung hingga menjangkiti generasi muda.

Nah, Punya semangat buka usaha baru? Keep it! Tapi jangan lupa, kecerdasan finansial bagi para pebisnis adalah MUTLAK dimiliki.

Kenapa mutlak dimiliki? Kebanyakan pebisnis pemula memiliki mind set bahwa kecerdasan finansial dapat dipelajari sejalan dengan berjalannya bisnis miliknya. Tapi fakta berbicara lain, kebanyakan bisnis pemula mengalami kebangkrutan lantaran dari awal tidak dipersiapkan mind set kecerdasan finansial sejak bisnis akan dijalankan.

Menyadur dari artikel salah satu forum terkemuka di Indonesia, apa sajakah hal-hal yang harus Anda pahami tentang bisnis Anda? :

1. Apa itu UANG
Apa sifatnya, apa hubungannya dengan inflasi, bagaimana perlakuan Anda terhadap uang dalam kaitan dengan bisnis Anda.

2. Anda harus belajar tentang bagaimana MENGEMBANGKAN BISNIS. Cari mentor bisnis yang berkompeten, jangan jalan sendirian. Sama halnya dengan bisnis Anda harus punya mentor, supaya Anda tidak tersesat sesat .Dasar kurikulum dalam mengembangkan bisnis mulai dari :

* Sales Acceleration yang fokus pada peningkatan sales,
* Profit Acceleration yang fokus pada menentukan profit perusahaan, efisiensi, alokasi profit dan system keuangan yang bankable,
* System Development fokus pada pengembangan system perusahaan
* Poeple Management bagaimana mengelola orang atau bahasa kerennya tim manegement


3. Anda perlu mempelajari WARALABA
Pelajari system waralaba baik sebagai franchisee ataupun franhisor. Pelajari bagaimana mencari waralaba yang baik atau pelajari bagaimana cara mewaralabakan bisnis Anda. Lagi cari mentor bisnis Anda yang paling pas untuk Anda

4. Anda perlu mulai belajar tentang EMAS
Bagaimana sih sifat emas? Bagaimna emas itu sebenarnya? Mengapa sebagai entrepreneur Anda harus alokasikan sebagian harta dalam bentuk emas.
Apa pentingnya Anda memiliki emas? Apa hubungannya dengan bisnis Anda?

5. Anda perlu mulai belajar tentang PROPERTY
Tidakada orang kaya yang tidak punya property. Ini fakta mendasar di seluruh dunia. Kalau Anda tidak pelajari ilmu property, maka Anda akan kehilangan satu mesin uang yang mungkin lebih besar dari uang yang diperoleh dari bisnis Anda sendiri. Ya,property sangat strategis untuk Anda. It is too sexy to be ignored

6. Anda perlu mulai belajar INVESTASI KEUANGAN
Produk reksadana, obligasi, saham perlu agan pelajari dengan seksama, mana produk yang cocok dengan agan. Karena semua produk ini sudah standard jadi agan tinggal datang saja ke bank terdekat untuk cari tahu hal2 tersebut.

Nah inilah ulasan awal minggu di bulan Februari 2012. Silahkan kita diskusi yang positif demi kemajuan bisnis Anda semua.

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. u mesti ingat gan.. kaya atau miskin itu relatif... ga bisa ditentukan dengan uang.

    money is relative!

    so, the more money u have, the more relatives u have... haha! :D

    ReplyDelete
  2. kita juga punya nih artikel mengenai finansial, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/852/1/paper_Marimin_dan_Arfan.pdf
    trimakasih :)

    ReplyDelete

Popular Post

Followers

Total Pageviews

Powered by Blogger.

- Copyright © Harian King Hairunsyah -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -