Wednesday, January 15, 2014

5 Jurus Komunikasi Positioning Usaha Anda

http://www.dokterbisnis.net/wp-content/uploads/2011/05/segmentasi-targeting-positioning.jpg

Apa jadinya bila sebuah perusahaan tidak memiliki positioning yang jelas? Kemungkinan besar publik tidak akan mengenali perusahaan tersebut. Demikian juga dengan produk maupun merek. Tanpa positioning yang jelas, konsumen tidak akan mengenali produk atau merek yang akan di jual. Lalu, apa itu positioning? Positioning merupakan being strategy atau alasan bagi sebuah produk maupun merek bereksistensi di pasar. Dengan kata lain, positioning ini merupakan upaya untuk menyatakan identitas sebuah produk maupun merek.

Dengan komunikasi yang baik, pelanggan bisa langsung mengetahui produk mana yang bisa memenuhi kebutuhannya. Positioning yang kuat disertai dengan komunikasi yang bagus bakal menjadi modal bagus untuk memenangi persaingan di pasar.

Berikut adalah lima cara mengomunikasikan Positioning yang kuat dan efektif:

1. Be Creative
Kreativitas dalam mendesain Positioning mutlak diperlukan. Alasannya agar desain Positioning tidak standar sehingga memiliki daya tarik. Kreativitas ini diperlukan untuk merebut perhatian konsumen. Harapannya, Positioning yang kreatif ini dengan gampang tertanam di benak para pelanggannya secara positif.

2. Simplicity
Agar gampang dipahami dan diterima oleh pelanggan, Positioning harus bisa disampaikan sesederhana mungkin. Dengan penyampaian yang sederhana, pelanggan tidak usah berpikir keras untuk memahaminya.

3. Flexible

Positioning yang baik harus dinamis. Positioning ini harus dikontekstualkan dengan tren perubahan yang ada, baik tren pasar maupun tren perilaku pelanggan. Sebab itu, repositioning secara kontinu itu diperlukan.

4. Own, Dominate, Protect

Positioning yang kuat harus tersusun dari kata-kata pilihan yang ampuh merebut atensi pelanggan. Positioning juga sebisanya mendominasi kategori yang akan dimasuki. Secara kontinu, posisi dominan tersebut dipertahankan dari Positioning pesaing.

5. Use Their Language
Bahasa sangat menentukan dalam penyampaian Positioning. Gunakan komunikasi dengan bahasa yang digunakan oleh target pasar agar mudah dipahami dan membangun kedekatan dengan pengalaman mereka.

SUMBER


1 comment:

  1. Vigarex terms of male enhancement supplements, this is a sort of “all-in-one” product. While some male enhancement products are chiefly concerned with erectile health or just blood flow, this one claims to do it all.

    Performinax is billed as a supplement that can boost testosterone levels in men, increase blood flow to the extremities, and provide support for healthy prostate function – essentially anything an aging man may need to stay healthy.

    Performinax But can a product that claims to be able to do so much really deliver? This is what we will help you -decide in today’s review.

    ReplyDelete

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips