Saturday, June 8, 2013

Buat Merk Bisnismu Jadi Trendy Yuk !


Bagi para pemasar dan komunikator, trend mengarahkan purchasing decision  (keputusan membeli) pelanggan. Tapi apa yang membuat sebuah merek trendy dan tangguh? Kathy Bloomgarden CEO Ruder Finn memaparkannya dalam sebuah artikel di Forbes berkut ini.




Apple merupakan merek ikonik yang terlihat mampu menumpulkan semua ancaman, mengatur ‘panggung’nya untuk mengakomodasi keinginan besar para konsumennya akan gaya dan tampilan manis sehari-hari. Apple memimpin peringkat nilai merek global dan mempertahankan reputasinya sebagai inovator meskipun muncul produk kompetitif dan serangkaian isu.
Jadi apa passion dan titik pangkal untuk membangun merek sebagai trend dan memungkinkannya menetap di hati masyarakat? Ada beberapa titik kritis yang perlu kita ingat:
Bentuk ikatan emosi mendalam. Untuk memahami apa yang mengarahkan trend pasar massal, pertama kita harus mempertimbangkan konsumen secara individu dan apa yang mempengaruhi mereka. Keputusan pembelian adalah hal yang personal, disetir oleh emosi yang terhubung dengan identitas kita. Misalnya, kita ingin menjadi siapa dan apa yang menurut kita menarik. Merek yang terhubung dengan emosi seperti itu membentuk ikatan yang mendalam dengan konsumen.
Memberdayakan pengaruh sosial. Berdasarkan hasil studi terbaru Crowdrap, 92% konsumen percaya dan dipengaruhi oleh teman, keluarga, dan kolega mereka – daripada berbagai bentuk iklan – ketika membuat keputusan pembelian. Kita percaya kepada mereka yang kita kenal karena teman dan keluarga mengerti nilai kita dan kita percaya dengan saran mereka yang murni dan baik untuk kita.
Kanal relevansi budaya. Relevan dengan dialog kultural dan menapaki berita sosial adalah aspek penting untuk membawa sebuah merek ke permukaan di antara para konsumen. Film Baz Luhrmann “The Great Gatsby” beresonansi dengan masyarakat yang menyukai hiburan, membuat headline, dan menjadi topik pembicaraan di jejaring sosial global.
Menunggangi ketenaran film tersebut, muncul beberapa merek yang meluncurkan fashion terinspirasi tahun 1920 di situs web mereka. Merek-merek tersebut di antaranya Tiffany’s, Bloomingdale dan Rue La La.
Intinya? Komunikasi yang berani dan inisiatif pemasaran yang secara mendalam menyentuh hubungan pribadi, memicu respon masyarakat, dan terhubung ke berita budaya memiliki potensi untuk sukses besar dalam budaya yang fokus pada trend saat ini.

sumber : http://www.marketing.co.id


No comments:

Post a Comment

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips