Friday, March 23, 2012

Kita dan Top Secret “The Billionaire”

Saya hari ini sangat bersyukur bisa mendapat inspirasi paling menghujam alam bawah sadar. Hanya dengan di inspirasi oleh sebuah film yang berjudul “Top Secret The Billionaire” , saya begitu sangat antusias untuk mengupas makna yang disampaikan oleh film tersebut yang diangkat dari kisah nyata pelakunya langsung. Top Ittipat namanya.




Bagaimana kehidupan seorang Top Ittipat ? . Berikut penggalan kisah dari film Top Secret The Billionaire :
Saat usia 16 tahun, dia adalah pecandu game (ada lebih dari 3 unit komputer hanya untuk main game! )

Saat usia 17 tahun, putus sekolah karena untuk menjadi penjaja kacang (padahal nyaris sukses dengan bisnis kacangnya, tapi akhirnya bangkrut hanya karena permasalahan keluarga, pacar , dan regulasi Mall Perbelanjaan ! )

Saat usia 18 tahun, keluarganya bangkrut dan meninggalkan hutang sebesar 40 juta Baht (setara Rp 12M)

Saat usia 19 tahun, Top Ittipat menciptakan produk cemilan rumput laut dengan brand “Tao Kae Noi” (artinya :Pengusaha Muda) melalui retailer 7Eleven di Thailand.

Kini, di usia 26 tahun, Ia adalah produsen cemilan rumput terlaris di Thailand dengan penghasilan 800 juta Baht pertahun dan memiliki 2000 karyawan lebih yang tersebar di lebih 20 negara di dunia.

Saya tidak akan menceritakan perjalanan film tersebut secara panjang lebar karena di artikel ini saya mengulas hal-hal penting yang di”ajarkan” film tersebut untuk perjalanan bisnis Anda. Yuk, mari kita kupas :

Totalitas

Sekali Anda terjun ke dunia bisnis, tidak boleh menyerah! Bisnis Anda adalah langkah pertama Anda memulai! Camkan lah, karena Anda harus berjibaku menemukan bisnis yang menjadi “nature” Anda. Totalitas lah menjalankan passion Anda sebagai seorang pebisnis.

Anda harus tuli


Seorang Top Ittipat mencapai kesuksesan hingga saat inikarena satu hal. Ia “menulikan “telinga dari sugesti orang-orang terdekatnya untuk membatalkan bisnisnya. Hingga rela memutuskan tali silaturahmi dengan pacar (yang katanya) setia. Hal ini sering terjadi. Saya sendiri juga sering disugesti dari orang-orang terdekat untuk menunda kegiatan bisnis demi meraih secarik kertas tanda kelulusan di pendidikan formal. Tapi keteguhan pada prinsip yang diyakini sangat jarang kita jumpai pada kebanyakan pebisnis. Mulai sekarang, pergilah ke dokter THT untuk minta obat menulikan telinga dari sugesti negatif (Ada gak ya obatnya? )

Mencatat Hal-Hal Penting


Poin penting yang sering kita abaikan. Inspirasi harus dicatat di secarik kertas! Hal itu adalah portofolio bisnis Anda! Inilah awal kesuksesan Top Ittipat hanya dengan membiasakan diri untuk mencatat hal-hal penting untuk kebutuhan bisnisnya. Kemanapun Anda bepergian, catatlah kejadian yang menjadi sumber inspirasi untuk bisnis Anda (seperti saat ini saya mencatat inspirasi di blog yang sedang Anda baca sekarang ^^ )

Pemasaran Retailer

Ini yang paling penting untuk strategi bisnis Anda. Punya produk? Kemasannya bagaimana? Apa sudah memenuhi syarat Good Manufacturing Practice pada proses produksi? Tiga pertanyaan inilah yang menjadi motivasi untuk menembus pasar domestik dan luar negeri. Ketika Anda mampu menjawab ketiga pertanyaan tersebut, maka jangan ragu-ragu untuk menawarkan produk Anda ke retailer-retailer besar seperti Carefour, Alfamart, Macan Yaohan, Indomaret dan sebagainya. Retailer tersebut adalah senjata marketing Anda setara pabrik uang dengan produksi 800 juta Baht pertahun. Menarik bukan?

Persiapkan Mental, Spiritual dan Fisik Anda


Untuk 800 juta Baht pertama Anda, persiapkan mental, spiritual dan fisik Anda ketika suatu saat Anda sudah menyentuh kondisi titik paling terendah dalam hidup Anda. Ingatlah, Tuhan tidak akan pernah memberikan ujian hidup dimana umatnya sendiri tidak sanggup untuk menghadapinya. Yakinlah, Tuhan Maha Adil atas rezeki umatnya. Bagi siapa yang berusaha seperti yang di contohkan Top Ittipat, maka Tuhanpun memberikan jawaban atas kerja keras bisnis yang selama ini dijalankan. Percayalah.




Masih mau kalah sama “anak kecil” yang bernama Top Ittipat yang berusia 26 tahun ? (umur disaat artikel ini ditulis) . Saran saya, segera nonton filmnya dan segera raih 800 juta Baht pertama Anda !

Foto Atas. Top Ittipat Asli ! ^^


6 comments:

  1. Perkenalkan nama saya :Robertus Almon yg juga bermimpi menjadi pengusaha muda seperti Top Ittipat .:)

    Dan saya juga sudah menonton film nya...sangat memotivasi saya sehingga ingin menapaki jejak Ittipat :)
    Usia saya 17tahun dan telah berbisnis sejak 16tahun.dan saya Banyak belajar dari film tersebut bagaimana menjadi pengusaha muda.Pantang Menyerah dan Tuli.:D

    Semoga dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang.

    Sukses buat Top Ittipat :)

    ReplyDelete
  2. Sukses untuk mas Robertus Almon :) btw, lg jalani bisnis apa skrng ya ? Boleh dong di share :) Bisa juga kirimkan pengalaman bisnisnya ke email blog ini, nnt saya muat di blog ini :) Berbagi itu WAJIB ! :D

    ReplyDelete
  3. Seppp,,
    saya akan memcoba masuk dunia bisnis,
    usia saya skrang 21 tahun,
    - pantang menyerah
    - totalitas
    - tuli
    - mencatat point-point penting

    4 poin ini harus sya lakukan

    ACTIONNNNN...........

    ReplyDelete

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips