Saturday, March 10, 2012

Kisah Siti Penjual Bakso Berumur 7 Tahun

Himpitan ekonomi bukanlah menjadi penghalang bagi seorang anak berumur 7 tahun yang di usia masih sangat belia berani untuk berdagang bakso keliling layaknya seorang pedagang bakso keliling lainnya. Bedanya, siti menjual dagangannya dengan cara yang amat sederhana, tidak seperti kebanyakan pedagang bakso yang menggunakan gerobak sebagai alat untuk memudahkan penyajian bakso. Jadi bakso dan kuahnya dimasukkan dalam termos nasi yang sebenarnya terlalu besar untuk anak seusianya. Termos seukuran itu berisi kuah tentu sangat berat. Tangan kanan menenteng termos, tangan kiri menenteng ember plastik hitam berisi mangkok-mangkok, sendok kuah, dan peralatan lain. Dengan terseok-seok menenteng beban seberat itu, Siti harus berjalan keluar masuk kampung, terkadang jalanannya menanjak naik.

Walaupun sempat menjadi topik pembicaraan hangat di social media, tapi bukanlah rasa iba yang harus dibangun pada trending tersebut. Bagaimana dengan nasib anak-anak yang lain yang hidupnya jauh lebih parah ketimbang siti? Kenapa hidup rakyat jelata seperti siti harus dibina oleh stasiun TV? Kemana peran pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk mewujudkan keinginan besar siti yang sangat sederhana yang hanya butuh untuk bisa beli sepatu dan tas untuk dipakai sekolah sebab miliknya sudah rusak? Mengapa pemerintah dengan mudahnya menaikkan harga BBM tapi sangat susah untuk mewujudkan impian sederhana siti ? Perlu jawaban setulus hati untuk menjawab pertanyaan yang sederhana tadi.

Saya yakin Siti PASTI jadi pengusaha SANGAT SUKSES ketimbang saya, karena di usianya yang sangat-sangat belia, mampu menunjukkan ke kita keteguhan, komitmen, kejujuran dan semangat juang yang luar biasa dari seorang anak yang lugu yang mencoba bertahan hidup dengan berbisnis BAKSO dengan cara di JINJING !

Berikut petikan artikel siti yang saya copy dari salah satu blog. Semoga bermanfaat.

Siti Penjual Bakso berusia 7 Tahun membuat miris pembaca kaskus dan kompasiana dengan kisah perjuangan hidupnya. Siti orang pinggiran adalah seorang anak yatim yang harus ikut bekerja membiayai hidupnya dan ibunya dengan berjualan bakso keliling. Siti Pedagang Bakso cilik tinggal di Desa Karangkamulyan, Kec. Cihara, Kabupaten Lebak, Banten Selatan. Siti orang pinggiran yang harus kita pedulikan. Tulisan ini adalah milik seorang penulis kompasiana. Mari kita simak kisah hidup Siti Bocah Penjual Bakso.


Siti, seorang bocah yatim yang ditinggal mati ayahnya sejak usia 2 tahun. Kini Siti berumur 7 tahun. Sehari-hari sepulang sekolah Siti masih harus berkeliling kampung menjajakan bakso. Karena ia masih anak-anak, tentu belum bisa mendorong rombong bakso. Jadi bakso dan kuahnya dimasukkan dalam termos nasi yang sebenarnya terlalu besar untuk anak seusianya. Termos seukuran itu berisi kuah tentu sangat berat.

Tangan kanan menenteng termos, tangan kiri menenteng ember plastik hitam berisi mangkok-mangkok, sendok kuah, dan peralatan lain. Dengan terseok-seok menenteng beban seberat itu, Siti harus berjalan keluar masuk kampung, terkadang jalanannya menanjak naik. Kalau ada pembeli, Siti akan meracik baksonya di mangkok yang diletakkan di lantai. Maklum ia tak punya meja. Terkadang jika ada anak yang membeli baksonya, Siti ingin bisa ikut mencicipi. Tapi ia terpaksa hanya menelan ludah, menahan keinginan itu. Setelah 4 jam berkeliling, ia mendapat upah 2000 perak saja! Kalau baksonya tak habis, upahnya hanya Rp. 1000,- saja. Lembaran seribuan lusuh berkali-kali digulung-gulungnya.

Sampai di rumah, Siti tak mendapati siapapun. Ibunya jadi buruh mencangkul lumpur di sawah milik orang lain. Tak setiap hari ia mendapat upah uang tunai. Terkadang ia hanya dijanjikan jika kelak panenan berhasil ia akan mendapatkan bagi hasilnya. Setiap hari kaki Ibunda Siti berlumur lumpur sampai setinggi paha. Ia hanya bisa berharap kelak panenan benar-benar berhasil agar bisa mendapat bayaran.

Hari itu Siti ingin bisa makan kangkung. Ia pergi ke rumah tetangganya, mengetuk pintu dan meminta ijin agar boleh mengambil kangkung. Meski sebenarnya Siti bisa saja langsung memetiknya, tapi ia selalu ingat pesan Ibunya untuk selalu minta ijin dulu pada pemiliknya. Setelah diijinkan, Siti langsung berkubang di empang untuk memetik kangkung, sebatas kebutuhannya bersama Ibunya. Petang hari Ibunya pulang. Siti menyerahkan 2000 perak yang didapatnya. Ia bangga bisa membantu Ibunya. Lalu Ibunya memasak kangkung hanya dengan garam. Berdua mereka makan di atas piring seng tua, sepiring nasi tak penuh sepiring, dimakan berdua hanya dengan kangkung dan garam. Bahkan ikan asin pun tak terbeli, kata Ibunda Siti.


Bayangkan, anak sekecil itu, pulang sekolah menenteng beban berat jualan bakso keliling kampung, tiba di rumah tak ada makanan. Kondisi rumahnya pun hanya sepetak ruangan berdinding kayu lapuk, atapnya bocor sana-sini. Sama sekali tak layak disebut rumah. Dengan kondisi kelelahan, dia kesepian sendiri menunggu Ibunya pulang hingga petang hari.

Sering Siti mengatakan dirinya kangen ayahnya. Ketika anak-anak lain di kampung mendapat kiriman uang dari ayah mereka yang bekerja di kota, Siti suka bertanya kapan ia dapat kiriman. Tapi kini Siti sudah paham bahwa ayahnya sudah wafat. Ia sering mengajak Ibunya ke makam ayahnya, berdoa disana. Makam ayahnya tak bernisan, tak ada uang pembeli nisan. Hanya sebatang kelapa penanda itu makam ayah Siti. Dengan rajin Siti menyapu sampah yang nyaris menutupi makam ayahnya. Disanalah Siti bersama Ibunya sering menangis sembari memanjatkan doa. Dalam doanya Siti selalu memohon agar dberi kesehatan supaya bisa tetap sekolah dan mengaji. Keinginan Siti sederhana saja : bisa beli sepatu dan tas untuk dipakai sekolah sebab miliknya sudah rusak.



SUMBER


Pembaca blog saya tidak harus menyebar isi dari artikel ini. Tapi jika kebaikan ada di artikel ini, sebarkanlah! Anda tak harus menjadikan Siti layaknya seperti DARSEM.


8 comments:

  1. Terharu gan... :-(
    Luar biasa perjuangan hidupnya...

    ReplyDelete
  2. wah makasih mas blog sy ternyata dijadiin referensi :)

    salam blogger
    -rony-

    ReplyDelete
  3. Artikel yg bagus mas..saya bantu sebarkan ya

    Salam Blogger

    ReplyDelete
  4. Mohon info, anak ini tinggal di mana? alamat jelasnya? ada teman yang ingin menjadikan siti anak angkat dan menyekolahkannya...mohon info di email ke lucky.man3690@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bc yg teliti lah di situ kan udah ada alamat dia tinggal..Siti Pedagang Bakso cilik tinggal di Desa Karangkamulyan, Kec. Cihara, Kabupaten Lebak, Banten Selatan.

      Delete
  5. ya allah kuat kan lah hati sisti dlm menjalani kehidupan nya , semoga suatu saat ia mendapat kan hidup yg lebih seperti anak anak lainya .

    ReplyDelete
  6. ..anak sekecil itu / berkelahi dengan waktu/ terpaksa pecahkan karang lengan jarimu terkepal
    ..by Bang Iwan fals
    ...ini realita yang terjadi di Republik ini...
    tidak bisa saya koment ..hanya berdoa semoga Siti tetap sehat dan tetap tegar....
    untuk yang berminat dan untuk mengadopsi Siti, semoga diberikan rizki yang terus melimpah...

    ReplyDelete
  7. baca ini,..rasanya sedih banget sekaligus miris masih ada anak sekecil itu yg harus kerja keras untuk menggapai cita citanya,…….

    ReplyDelete

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips