Saturday, January 21, 2012

UKM dan Smart FM "The Spirit of Indonesia" 101.8FM

Medan, 21 Januari 2012

Yang Muda Berkarya.


Jargon ini seakan menjadi tagline wajib para wirausahawan muda dalam menjalankan bisnis. Khususnya di Kota Medan, apakah banyak anak muda yang tergabung ke dalam komunitas pengusaha muda? Kalau dari survey kecil-kecilan yang saya lakukan, saya bisa jawab: BANYAK

Apakah komunitas entrepreuner yang sudah eksis di Medan juga banyak? saya jawab : BANYAK

Yang terpenting bukan "banyak"nya yang menjadi parameter eksisnya komunitas entrepreneur di kota Medan, tapi bagaimana suatu komunitas pengusaha UKM tersebut memberikan andil yang sangat penting dalam roda perekonomian di kota Medan.

Ketika saya diskusi tentang komunitas entrepreneur dengan salah satu Business Partner SmartFM Medan, komunitas (dalam hal ini komunitas UKM) memiliki peranan penting sebagai wadah untuk saling tukar menukar informasi tentang perjalanan bisnis tiap anggota komunitas tersebut. Selain itu berperan sebagai penguatan tali silaturahmi tiap-tiap anggotanya.

Terus, apa yang menjadi titik pembicaraan di artikel yang saya buat ini? :)

Santai, yang menjadi fokus utamanya adalah rencana program kemitraan bisnis SmartFM Medan untuk memajukan UKM yang ada di Medan melalui serangkaian program yang menarik. Sebagai langkah awal, diperlukannya survey terlebih dahulu UKM apa dan dimana sajakah yang ada kota Medan yang sudah menunjukkan kinerja yang bagus. Tapi bagaimana caranya? Kembali ke pembicaraan di awal. Komunitaslah yang menjadi kanal informasi untuk memperoleh subjek UKM yang sudah sukses di Medan yang menjadi target program SmartFM Medan.

UKM memang terkesan usaha kecil namun karena jumlahnya yang banyak mampu memberikan sumbangsih berlipat-lipat pada roda perekonomian kota Medan ketimbang perusahaan yang sudah besar. UKM juga memberikan potensi penyerapan tenaga kerja yang juga luar biasa besar ketimbang perusahaan besar. Inilah alasan mengapa SmartFM, khususnya SmartFM Medan yang selama ini ketat dengan brand ekslusif menjamah para pelaku wong cilik ini. :)

Trend komunitas entrepreneur di Medan adalah pelaku UKM yang masih muda-muda bahkan masih ada yang duduk di bangku sekolahan. Rentang usianya bisa dikatakan dibawah 40 tahunan. Coba cari komunitas yang bernama TDA Medan. Komunitas ini termasuk aktif dalam berbagai kegiatan entrepreneurship seperti kegiatan pameran maupun seminar. :) Yang terpenting, pilihlah komunitas yang memiliki sistem untuk membentuk karakter (characterpreneur) pengusaha honest, tangguh, dan juga masih muda-muda lho. :)

Selamat berburu komunitas UKM untuk SmartFM Medan 101.8 FM "The Spirit Of Indonesia"

Sesi Foto Bersama Konseptor Bisnis Mediator UKM dan Komunitas, Mbak Bintang Turnip


2 comments:

  1. Medan city entrepreneur community is surely a great initiative for the development of SME's in the local areas. Being a bestselling author myself, I can relate to it as I have had the tremendous support of my community while working on my book!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, support is absolutely needed to our business sir :)

      Delete

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips