Tuesday, January 21, 2014

Multi Level Marketing Vs Multi Lie Marketing ?

Iseng-iseng saya hari ini hendak memahami seluk beluk tentang Multi Level Marketing. Mata saya agak terkejut dengan salah satu blog yang "sedikit nyeleneh" mereview 1 perusahaan MLM (katanya) dengan endorsement seorang tokoh ustad yang sekarang sedang gencar melakukan promosi.

Berikut saya kutip isi dari blog tersebut (sumber)
wpid-Screenshot_2013-11-16-18-42-41-1.png

" Member VSI: Selamat pagi mas? saya sedang menawarkan bisnis multi payment langsung dari Ust. Yusuf Mansur (UYM). Bisnis ini sangat bermanfaat karena bapak selalu mebutuhkan pulsa, bayar Listrik atau beli token, bayar PDAM, internet dan lain-lain.
Bahkan nantinya bisa untuk beli tiket kereta Api, pesawat sampai kapal?

Saya: Oke saya berminat!, berapa biaya daftarnya?

Member VSI: Jangan terburu-buru dulu dong om  VSI juga menawarkan program yang luar biasa. VSI dipasarkan melalui sytem MLM tapi dengan cara yang lebih adil, lebih baik, lebih menguntungkan dan lebih mudah dijalankan.

Saya: Keuntungan per transaksinya berapa?

Member VSI: Oooo kalau hanya keuntungan pertransaksi itu sangat kecil om ya kurang lebih sama dengan layanan lain, tapi yang kami tawarkan adalah cashback dan bonus sesuai dengan loket yang om buka.  Bila om semakin banyak membuka loket, om akan semakin untung!. Dan daftar sekali, berlaku selamanya dan bisa diwariskan.

Saya: Loket? opo kui?

Member VSI: Itu semacam Hak Usaha, jadi begini (dia menyodorkan sebuah tabel pendaftaran)
wpid-Screenshot_2013-11-16-18-43-37-1.png
Member VSI: Jadi bila Om cuma daftar paket basic senilai 275.000 itu sudah bisa, tapi itu cuma 1 loket om, keuntunganya tidak maksimal.  dan lagi Om, ini mumpung ada promo bonus sampai januari 2014, sambil menunjukkan tabel yang atas.

Saya: sek sik sek … loket itu apa to?

Member VSI: Loket itu Hak Usaha, jadi itu seperti ini om. Klo Om ikut paket basic itu om cuma daftar satu titik, tanpa bonus cash back dan tanpa deposit. Beda klo om daftar paket diatasnya seperti silver atau gold
money game1
Saya: contoh bila saya daftar paket gold, maka 7 titik itu semuanya adalah saya?
Member VSI: iya om, apalagi bila om merasa susah cari downline, om ambil saja paket platinum nanti akan semakin banyak downline dibawah om! (Bukankah ini manipulasi transaksi namanya?)
Saya: Tapi kan semua titik downline itu saya sendiri, seharusnya kan titik downline itu di isi orang lain sehingga ada transaksi.
money game
Member VSI: Nagh disitulah keunggulan kita, karena enggak semua orang bisa cari downline. Itu sangat menguntungkan om. Contoh Ahmad daftar paket basic lewat OM, sedangkan OM member paket GOLD, nanti OM bisa dapet bonus total 125ribu, cash!. Rincianya, bonus sponsor 50rb+ditambah bonus pasangan 25rbx3.
Tapi kalo OM cuma daftar paket basic, terus dapat member baru paket basic juga, OM cuma dapet 50ribu doang sebagai bonus sponsor saja.
Saya: terus kalau seumpanya saya daftar Gold, terus saya dapet member baru dia daftar GOLD juga berapa bonusnya?
Member VSI: Wah banyak om, nanti bisa diatur atau dipasangkan dibawah om. Dan yang pasti, titik dibawah Om semakin banyak dan om semakin cepat dapet posisi top leader.
money game2
Saya: Ooo jadi bonus yang dibayar bersumber dari member get member ya? terus kalau kasusnya seperti ini. Ada Ahmad daftar ke jaringan saya (si Om) paket Gold 825.000 dan dia merupakan generasi ke 6 dan titik ke 64 dalam jaringan saya berarti saya berhak atas bonus duplikasi sebesar 768.000money gamewpid-Screenshot_2013-11-16-18-52-49-1.png
Member VSI
: Iya om, itulah kehebatan VSI ini

Saya: Berarti cepat bangkrut dong VSI, ada member daftar 825.000 ngasih bonus ke saya 768.000. Sisa uang 57.000 padahal ada cashback yg harus dibayar VSI 125.00. Monggo dihitung lagi to mbak?
moeney game
wpid-Screenshot_2013-11-16-18-51-56-1.png
Member VSI: Insya Allah nanti dengan bantuan doa UYM tidak akan rugi apalagi dibantu dengan sedekah. Toh beliaukan Ustadz, enggak akan kabur dan enggak akan menipu.

Saya: Aminn. saya cuma membatin dalam hati, bagaimana kabarnya Ust. Jaya Komara dan Ust.Lihan, apa nanti pelaku moneygame disebut ustadz saja ya (silahkan cek di google)
131036_ustadlihan
….
Silahkan anda simpulkan sendiri, apa yang VSI jual sebenarnya. Jualan jasa elektronik payment, atau jualan loket/HU atau member get member? "
Bagaimana menurut Anda ?
Read More

Wednesday, January 15, 2014

12 Jalur Pemasaran Brand Anda Yang Patut Dicoba



12 Pilar Marketing merupakan rangkuman konsep pemasaran yg sangat dahsyat, yakni 12 cara menyentuh target market. Kebanyakan orang hanya melakukan sebagian saja. Padahal, jika mampu melakukan kedua belas pilar ini, orang tersebut akan mendapatkan hasil yang sangat dahsyat!


1. Publik Relation, Publisitas, atau Press Release


Banyak orang tidak menggunakan atau jarang menggunakan sarana press release, padahal hal itu adalah sarana awareness yg paling murah dan efektif karena dalam sekali kesempatan (waktu) bisa menyentuh banyak orang sekaligus. Bagaimana caranya?

Harus layak berita
• Kirim kepada lebih dari 1 majalah
• Tulis dalam surat pengantar, nama majalah yg dikirimi artikel ini & sebutkan bahwa hanya 1 majalah yang paling cepat memberikan respons yg boleh memuat berita tersebut dan melakukan wawancara ekslusif.• Follow up dengan telepon



2. Referral


Yang menyentuh market bukanlah kita sendiri. Contohnya adalah member get member.


3. Endorsement


Yang menjual bukanlah kita sendiri. Endorsement hampir sama dengan referral. Perbedaannya, dalam referral biasanya satu orang mengajak seorang lainnya maksimum beberapa orang, sedangkan dalam endorsement satu orang bisa mengajak seribu orang, atau semua orang di dalam kategorinya


4. Advertising


Iklan ada banyak hal, seperti Televisi, Koran Nasional, Koran Lokal, Majalah, Spanduk, Brosur, Baliho, Website, Stiker, Yellow Pages, Radio, Kartu Nama, dan lain lain


5. Direct Mail


Biasanya direct mail adalah lebih tepat ke target market dibanding iklan yang siapapun membacanya atau siapapun tidak membacanya. Yang termasuk direct mail adalah Surat, Faksimili, Email, BBM, SMS, Katalog, Stiker Nomor Penting, dll



6. Direct Sales



Direct sales adalah penjualan yg dilakukan secara langsung kepada target market. Orang-orang bagian penjualan adalah salah satu ujung tombak penting dalam pemasaran yg sekaligus merupakan bentuk faktor kali dari penjualan kita. Kita harus selalu memberikan insentif dan training yang memuaskan


7. Direct Agent


Jika produk-produk kita memiliki jangkauan (persebaran) yg luas, sebaiknya di setiap kota kita memiliki agen. Ini bisa dengan Franchise, Cabang, Distributor, Multi Level Marketing, Licensing


8. Host Beneficiary

Anda mempromosikan Produk & Jasa Anda langsung kepada customer perusahaan lain. Contohnya isi ulang pulsa sekian ribu gratis 1 liter pertamax

9. Telemarketing



Menyentuh target market dengan sepenuhnya menggunakan telepon. Untuk melakukan hal ini diperlukan Sales Script yg benar-benar teruji agar telemarketing dapat menyentuh target market yg tepat


10. Joint Venture


Kerjasama dua pihak atau lebih. Joint Venture juga bisa dilakukan dengan kompetitor Anda, jika memang jadwal produksi kita sedang padat, dll. Dengan Begitu Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena jika suatu ketika jadwal kompetitor kita yg padat, tidak menutup kemungkinan mereka akan melempar (mengingat) kepada Anda


11. Memberikan Seminar


Daripada kita beriklan besar-besaran di sebuah media tanpa fokus pada target market dengan hasil yg tidak optimal, sebaiknya kita melakukan pilar marketing yg kesebelas ini, yakni mengadakan seminar. Dengan memberikan seminar sebenarnya kita dapat lebih fokus pada target market kita (tentu saja jika seminarnya dipersiapkan dengan matang)



12. Canvasing / Booth



Pilar ini sangat tepat jika dilakukan pada target market yg tepat. Cara ini biasanya banyak digunakan oleh mal-mal besar. Contohnya adalah menggunakan Sales Promotion Girl atau SPG.



Segala hal harus senantiasa dites, diukur dan dilakukan monitoring secara berkala, karena dengan begitu kita jadi tahu letak kesalahannya dan bisa memperbaikinya sedini mungkin sebelum terlambat.

SUMBER
Read More

Humor Nyengir Marketing

http://laurajul.dk/wp-content/uploads/2011/03/Screen-shot-2011-03-01-at-01.03.53.png

Seorang marketer mengajak pelanggannya berkunjung ke pabrik yang memproduksi berbagai benda yang terbuat dari lateks (getah pohon karet). Di perhentian pertama, dia memperlihatkan mesin pembuat dot bayi. Mesin itu sangat berisik. “Hiss... pop, hiss... pop, hiss... pop.”

"Suara mendesis tadi adalah karet yang sedang masuk ke dalam cetakan,” jelas sang marketer. "Sedangkan suara letusan (pop) tadi adalah jarum yang membuat lubang di ujung dot."

Kemudian, mereka beranjak ke bagian pabrik yang memproduksi kondom. Mesinnya juga berisik: “Hiss. Hiss. Hiss. Hiss-pop!"

"Tunggu!" kata si pelanggan. "Kenapa ada suara letusan juga di sini?"

"Oh, sama dengan mesin dot bayi," ungkap sang marketer. "Mesin ini juga membuat lubang di setiap kondom keempat."

"Wah, itu tidak bagus untuk produk kondom Anda!"

"Memang, tapi itu bagus untuk bisnis dot bayi!"
SUMBER
Read More

5 Jurus Komunikasi Positioning Usaha Anda

http://www.dokterbisnis.net/wp-content/uploads/2011/05/segmentasi-targeting-positioning.jpg

Apa jadinya bila sebuah perusahaan tidak memiliki positioning yang jelas? Kemungkinan besar publik tidak akan mengenali perusahaan tersebut. Demikian juga dengan produk maupun merek. Tanpa positioning yang jelas, konsumen tidak akan mengenali produk atau merek yang akan di jual. Lalu, apa itu positioning? Positioning merupakan being strategy atau alasan bagi sebuah produk maupun merek bereksistensi di pasar. Dengan kata lain, positioning ini merupakan upaya untuk menyatakan identitas sebuah produk maupun merek.

Dengan komunikasi yang baik, pelanggan bisa langsung mengetahui produk mana yang bisa memenuhi kebutuhannya. Positioning yang kuat disertai dengan komunikasi yang bagus bakal menjadi modal bagus untuk memenangi persaingan di pasar.

Berikut adalah lima cara mengomunikasikan Positioning yang kuat dan efektif:

1. Be Creative
Kreativitas dalam mendesain Positioning mutlak diperlukan. Alasannya agar desain Positioning tidak standar sehingga memiliki daya tarik. Kreativitas ini diperlukan untuk merebut perhatian konsumen. Harapannya, Positioning yang kreatif ini dengan gampang tertanam di benak para pelanggannya secara positif.

2. Simplicity
Agar gampang dipahami dan diterima oleh pelanggan, Positioning harus bisa disampaikan sesederhana mungkin. Dengan penyampaian yang sederhana, pelanggan tidak usah berpikir keras untuk memahaminya.

3. Flexible

Positioning yang baik harus dinamis. Positioning ini harus dikontekstualkan dengan tren perubahan yang ada, baik tren pasar maupun tren perilaku pelanggan. Sebab itu, repositioning secara kontinu itu diperlukan.

4. Own, Dominate, Protect

Positioning yang kuat harus tersusun dari kata-kata pilihan yang ampuh merebut atensi pelanggan. Positioning juga sebisanya mendominasi kategori yang akan dimasuki. Secara kontinu, posisi dominan tersebut dipertahankan dari Positioning pesaing.

5. Use Their Language
Bahasa sangat menentukan dalam penyampaian Positioning. Gunakan komunikasi dengan bahasa yang digunakan oleh target pasar agar mudah dipahami dan membangun kedekatan dengan pengalaman mereka.

SUMBER
Read More

Seni Merayu Pelanggan Wanita



Dalam buku womanology the art of marketing to woman, yuswohady dan kawan- kawan mengungkapkan alasan wanita membeli sebuah produk. Di antaranya:

Ekspresi diri
Tidak hanya karena fungsi dan harga, wanita membeli produk yang dirasa memiliki kesamaan dengan dirinya. Baik kesamaan tampilan, karakter sampai kepribadian. Pemilihan bintang iklan sebuah brand ternyata berpengaruh besar terhadap ketertarikan pembeli.

Kepercayaan
Wanita paling sensitif urusan janji. Sekali tidak menepati janji, produk anda akan dianggap cacat seumur hidup. Tepati janji baik kualitas maupun deadline pengiriman barang.

Multifungsi
Konsumen wanita sangat suka membayar sesedikit mungkin untuk manfaat yang besar. Produk multifungsi adalah favorit mereka. Misalnya lipstik dwi warna ataupun pembersih 2 in 1. Wanita sangat senang membayar satu harga untuk beragam manfaat.

Tips di atas dapat Anda terapkan untuk bisnis dengan target pasar perempuan. Semoga bermanfaat

SUMBER
Read More

About Me

Designed ByBlogger Templates-Blogger Tips